Cara Membuat Jus Mangga Segar


Jus merupakan minuman dengan bahan dasar buah-buahan yang dihaluskan bersama es batu menggunakan mesin blender. Jus ada bermacam-macam karena banyak buah-buahan yang bisa dijadikan jus. Tetapi tidak semua buah-buahan bisa dibuat jus seperti salak, delima, rambutan, dan sebagainya, sebenernya bisa saja diblender tetapi akan menghasilkan tekstur yang kurang cocok. Buah-buahan yang biasa dibuat jus antara lain jus mangga, jus jeruk, jus semangka, jus pisang, jus melon, jus apel, jus sirsak, jus buah naga, jus strawberry, jus belimbing, dan sebagainya. Jus banyak diminati oleh anak-anak hingga dewasa, karena selain seger rasanya, juga mengandung banyak kandungan vitamin di dalamnya.

Sebelum kita melangkah ke resep cara membuat jus mangga, mari kita terlebih dahulu tentang manfaat dan khasiat buah mangga.
  1. Pencegah Kanker
  2. Kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada buah mangga, seperti isoquercitrin, quercetin, astragalin, fisetin, dan methylgallat, telah terbukti memiliki manfaat sebagai anti oksidan dan sifat anti kanker.
  3. Melindungi Organ Pencernaan
  4. Buah Mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah protein untuk penyerapan di dalam tubuh. Kandungan serat yang terkandung pada buah mangga juga membantu dalam proses pencernaan
  5. Mencegah Diabetes
  6. Daun mangga termasuk salah satu bagian dari buah mangga yang berkhasiat untuk mencegah diabetes. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun mangga yang masih segar selama sekitar 15 menit. Diamkan semalaman, saring kemudian diminum airnya pada saat pagi harinya. Ini terbukti membantu menormalkan kadar insulin dalam darah
Itulah beberapa khasiat buah mangga, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat buah mangga, namun mengenai hal itu akan dibahas di lain artikel. Untuk artikel kali ini kita akan membahas cara membuat jus mangga.

Sebelum Anda membuat jus mangga, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu macam-macam atau jenis dari buah mangga, karena tidak semua mangga rasanya sama, dan yang membedakan rasanya adalah jenis dari buah mangga. Hal ini akan berpengaruh juga pada rasa jus mangga. Jadi kunci utama agar menghasilkan jus mangga yang enak rasanya adalah tergantung dari jenisnya buah mangga. Lalu apa saja jenis buah mangga? Jenis buah mangga diantaranya:
  1. Mangga Gedong
  2. Banyak yang bilang kalau mangga gedong ini berasal dari daerah Cirebon. Mangga gedong memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk bulat agak sedikit lonjong, dan ketika matang berwarna kuning kemerahan. Keunggulan mangga ini yaitu awet matang (tidak cepat busuk), sehingga walaupun mangga gedong sudah matang, bisa bertahan kematangannya itu hingga berhari-hari. Dan Keunggulan lainnya yaitu mangga gedong memiliki aroma yang sangat segar dan menggoda. Ada beberapa permen rasa mangga itu menggunakan rasa dan aroma dari mangga gedong. Karena aromanya yang segar dan nikmat, maka jika dijadikan jus mangga akan terasa lebih nikmat dan menggugah selera.
  3. Mangga Arum Manis
  4. Mangga ini adalah mangga paling pasaran, hampir setiap orang yang mempunyai pohon mangga, pasti punya mangga arum manis. Jika dibandingkan dengan mangga gedong, untuk masalah aroma masih kalah unggul, tetapi soal rasa bisa dibilang kalau mangga arum manis itu nomer satu diantara jenis mangga lainnya.
  5. Mangga Madu
  6. Dinamakan mangga madu karena memang manisnya seperti madu, walaupun mangganya masih putih, tetapi rasanya manis. Mangga madu ketika matang kulitnya berwarna kuning segar. Mangga madu juga merupakan mangga yang sering dijadikan jus mangga
    Itulah beberapa saja contoh jenis dari buah mangga. Karena jenis dari buah mangga itu cukup banyak, tetapi tiga jenis mangga di atas adalah jenis mangga yang paling sering dibuat untuk jus mangga.
Untuk membuat jus, caranya sangat mudah. Bahkan anak SD saja banyak yang sudah bisa membuat jus sendiri. Tetapi soal rasa belum tentu semua orang sama. Nah kali ini kita akan bersama-sama membuat jus yang enak dan sueegeeer rasanya.. Jus yang akan kita buat yaitu jus mangga.

Bahan-bahan untuk membuat jus mangga:
  • 1 buah mangga segar (disarankan mangga yang berbau harum, seperti mangga harum manis / mangga gedong, atau bisa juga mangga weni)
  • 2 sendok makan susu kental manis (merk apa saja)
  • 2 sendok makan gula pasir, larutkan
  • Es batu secukupnya, pecah-pecah
  • Air matang secukupnya

Cara membuat jus mangga segar:
  1. Kupas mangga dan buang kulitnya
  2. Iris-iris mangga lalu masukkan ke blender
  3. Masukkan pecahan es batu, susu kental manis, gula, dan air ke dalam blender
  4. Nyalakan blender dengan kecepatan penuh selama 1 menit (kualitas blender juga mempengaruhi tekstur kelembutan pada jus)
  5. Angkat dan tuangkan jus pada gelas yang sudah tersedia
Begitulah langkah langkah membuat jus mangga. Sangat mudah dan simpel bukan? Jadi memang membuat jus mangga itu sangat mudah, tetapi yang membedakan tingkat rasa enaknya jus mangga adalah jenis dari buah mangganya tersebut. Semakin enak mangga semakin enak pula jus mangga yang dihasilkan.
Oke itu saja resep hari ini tentang cara membuat jus mangga, selamat mencoba, dan jangan lupa simak juga resep resep lainnya ya...
Cara Membuat Jus Mangga Segar Cara Membuat Jus Mangga Segar Reviewed by Unknown on Desember 12, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.